Sunday, April 13, 2008

The Cat Lovers


Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak peminatnya hingga banyak pecinta hewan ini membuat klub-klub khusus pecinta kucing. Tujuan dari klub pecinta kucing biasanya untuk mengumpulkan para pecinta kucing di seluruh dunia dalam satu forum dimana mereka kemudian bisa saling berbagi pengetahuan tentang hewan kesayangan mereka ini, tak jarang pula mereka mengadakan pertemuan-pertemuan sesama anggotanya dengan mengadakan acara-acara unik misalnya cat fashion show.
Namun sebenarnya darimanakah asal mula nama hewan kucing ini? Berikut sedikit pengetahuan umum tentang kucing.

Kucing, bahasa ilmiahnya adalah Felis silvestris-catus, adalah sejenis karnivora.
Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 3.500 tahun yang lalu, ketika orang Mesir kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari hasil panen. Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing ras atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia. Sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Kucing dianggap sebagai "karnivora yang sempurna" dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri ini juga terdapat pada famili canidae atau anjing, tapi ciri ini berkembang lebih baik pada kucing.

Kucing peliharaan atau kucing rumah adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau memakan beberapa ribu spesies. Tetapi karena ukurannya yang kecil, kucing tidak berbahaya bagi manusia, satu-satunya bahaya yang dapat timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing.

Kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadang kala kucing memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka.

Kucing menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tetapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.